Selasa, 06 Maret 2012

think green sekarang!

mellbaopost cuek is the best. Banyak yang ngomong seperti itu. But meen, percaya atau tidak, buat yang namanya urusan lingkungan hidup cuek itu is stupid. Bodoh bin guoblok poll! Bukan mengada-ada bro kalo ada yg bilang masalah lingkungan itu, ah cuma sebatas masalah pola pikir saja. Liat aja, kalo pola pikir kite semua "bener", lingkungan disekitar kitepun akan terasa n terlihat adem, nyamen saking nyamannya n tentu saja,buerrsihh, banget. Sehat? pastinya. At least, yg ngeliat pun ikut merasa nyameen n seneeng.
Sebaliknya, bisa aja satu lingkungan kelihatan bersih, steril bin cool n tanpa noda. Tapi tanpa pola pikir yang "bener", itu lingkungan tetep aja akan kelihatan sakkit. Tul ngak?
So, ngak heran kan kalo ketika sebuah negeri dan warganya sedang "sakit", lingkungannyapun akan terlihat sakit. Bawaannya bermuram durjaa aja. Contoh paling nyata, ya negeri kite yang tercinta ini bro.
Beberapa taon belakangan ni, kite punya country sering sekali dikunjungi yg namanye bencana. Dari gempa bumi, sunami sampai mi yg di formalin. Dan bencana itu demen bener ngunjungi negeri ini bukan karena kebetulan bro, terlalu naif kalo ente berpikir seperti itu. Apalagi nyuekin fakta bahwa kite doyan ngerusak negeri ini. Suka atau ngak suka, begitu banyak bencana yg datang karena kite yg ngundang. Baik karena ketidaktahuan yg terus aja berlanjut, sama ketidakacuhan kita selama ini, persisnya.
Lalu mengambil dan mengeksploitasi seenaknya dari alam tanpa peduli untuk merawat atau sekedar menjaga. Jadi terang aja alam jadi marah, in return, ngak ada lg yg bisa alam berikan untuk kita. Selain bencana, bencana dan bencana yg terencana. Ente lihat? alam balas dendam bro, jd bener kalo pola pikir itu punya pengaruh besar buat lingkungan.  Adalah pola pikir cuek itu tadi yg perlu di hapuskan dari muka bumi, atau setidaknya di gugat untuk diubah. Baik oleh pemerintah di pemerintahan, swasta juga publik. Ada semacam kesadaran kolektif yg mulai tumbuh belakangan ini tentang perlunya kepedulian terhadap isu lingkungan hidup.



So apa yg bisa kita lakukan bro untuk melestarikan lingkungan? Waduh banyak banget bro! Pertama ente mesti tumbuhkan kesadaran dan mulai berpikir, think bro think. Bahwa segala sesuatu yg kita lakukan terhadap lingkungan saat ini , punya efek sangat besar bro buat masa depan. Jadi kita bisa lebih bertanggung jawab. Mantaap.
Dari sana kita bisa mulai action, yg sederhana aja dulu misalnya ngurangin sampah yg kite hasilkan. Lalu mendayagunakan hasil alam seperti tumbuhan untuk obat. Karena dengan begitu kite ngak perlu lg mengkonsumsi obat dalam kemasan plastik dengan begitu kite pun udah membantu pengurangan bahan-bahan kimia pembuat obat. Efeknya emang ngak klihatan tp bayangin kalo jutaan orang didunia melakukannya, berapa besar volume bahan kimia yg bisa dikurangi. menggunakan kembali barang-barang yg tadinya kite pikir ngak kepake, mungkin juga bisa jd pilihan.
Ada yg bilang kalo sampah itu adalah harta yg belum diasah mgkin ada benernya, Makanya ada istilah Recycle, yaitu mengalihfungsikan sampah menjadi sesuatu yg baru dan berguna.
Di perusahaan-perusahaan besar hal ini jadi konsern utama dan sebisa mungkin didaur ulang menjadi sumber energi alternatif.

Oke mungkin - bahkan setelah penggambaran diatas masih ada yg mikir bahwa semua itu tanggung jawab pemerintah.  Ngak salah juga, sebab pd dasarnya emang pemerintah yg punya kapasitas dan otoritas untuk itu. Tapi ngak salah juga rasanya untuk ngak lantas jadi manja apalagi kalo inget bahwa bagaimanapun kite juga bro yang ngerasain efeknya. Jadi bro, intinya terserah ente kalo tetep aja mau cuek.  Cuma jangan ngeluh juga kalo pada akhirnya cuek itu malah ngebawa bencana.  Dan kalo udah gini siapa yg mau disalahkan?.  So, mulai think green dan act green, Now!.

Tidak ada komentar: