Selasa, 29 Mei 2012

Sekarbela, Kampung Mutiara di Lombok

                                  
MellbaoNews: Sekarbela, sebuah tempat yang tak asing lagi bagi para penggerajin emas antik dan mutiara di NTB. Sekarbela adalah bagian dari kota Mataram, terdiri dari 5 kelurahan, Jempong Baru, Karang Pule, Kekalik Jaya, Tanjung Karang, dan Tanjung Karang Permai. Sebagai sentra kerajinan mutiara dan emas asli  Lombok, Sejak lama tempat ini menjadi pusat perdagangan perhiasan, emas perak, dan setelah komoditi budidaya mutiara di Lombok semakin maju maka tempat ini tidak hanya menjadi sentra kerajianan emas dan perak saja tetapi telah menjadi sentra kerajinan perhiasan mutiara yang paling disebut.Budidaya mutiara di pulau Lombok hanya mutiara air laut atau dikenal dengan "South Sea Pearl" dan mutiara air laut Lombok konon yang terbaik didunia, memang south sea pearl tidak hanya di Lombok namun mutiara tersebut hidup atau dibudidayakan dilaut selatan, seperti Australia juga tercatat sebagai penghasil budidaya mutiara jenis ini, mutiara mutira yang dihasilkan dilaut selatan ini terkenal karena texture dari mutiara mutiara tersebut yang kesusu-susuan atau creamy, yang terkenal dari mutiara - mutiara tersebut ialah mutiara yang berwarna keemasan  sehingga mutiara - mutiara tersebut terkenal dengan Golden south sea pearl. Mulai dari harga bisa dihitung Rp. 200 ribu bahkan sampai 1.5 juta pergeram itu pun bisa tergantung kualitasnya.

Lantas dari mana asal mutiara air tawar yang ada? menurut dari pedagang emas dan mutiara grosiran yang ada sekitar Sekarbela, menyebutkan bahwa mutiara air tawar didunia yang pertama kali dikembangkan di Amerika, kemudian Cina dapat membudidayakan mutiara- mutiara tersebut, ungkap H. Sahnim salah seorang pengerajin emas lokal di Sekarbela. Hal senada juga diungkapkan oleh pembeli emas grosiran ibu Mira, sekarang emas di Sekarbela ini sebagai emas  jualan terbaik di Cina  dan tercatat sebagai produsen mutiara air tawar terbesar di dunia.

Untuk mendapatkan info tentang pengerajin emas grosiran  dan mutiara di Sekarbela kita bisa dapatkan situs-situs yang menampilkan mutiara-mutiara tersebut, atau bisa lansung ke lokasi lansung.
Dalam memproduksi banyak mutiara dalam satu cangkang kerang mutiara tawar, hal ini tidak terjadi pada budi daya mutiara air laut, kalau mutiara air laut satu cangkang kerang isinya cuma satu mutiara. (Ahyar Datu Mellbao).

Tidak ada komentar: