Rabu, 23 Mei 2012

Melawan KDRT Bersama Kampung Sakinah

mellbaoNewsMendapatkan keluarga yang “Sakinah mawaddah warohmah” dalam konsep Islam  merupakan dambaan setiap anggotta keluarga dimana pun. Kalau di Kota Mataram ada kita kenal  komunitas  Kampung Media, lalu di Dasan Cermen munculnya  pula sebuah nama “Kampung Sakinah” yang baru saja terbentuk.

Pembentukan “Kampung Media” berawal dari sebuah pelatihan dan diskusi bersama anggotta  dari emapat kelurahan di Lombok Barat. Pendampingan kasus kekerasan perempuan dan anak (Paralegal) di Lesehan Bumi Gora Mataram yang. 

Dan  terbentuknya Kampung Sakinah tidak terlepas dari jaringan LBH APIK Mataram. Dalam pertemuan setengah hari tersebut, sekaligus pembentukan ketua pengurus “Kampung Sakinah” terpilih sebagai Ketua Ustaz. Isnur. S.pd sebagai wakil ketua, Utaz. Awalluddin, dan dibantu oleh anggotta lainya.  Direktur LBH APIK Mataram, dalam kata sambutannya, berharap dengan adanya Kampung Sakinah ini bisa terciptanya keadilan yang bersinambungan pada  perempuan dan kekerasan pada anak pun bisa diminimalisir  terutama pada kekerasan dalam  rumah tangga (KDRT), selain itu juga pola pikir masyarakat NTB, khususnya pada kaum lelaki bukan hannya  memahami tentang KDRT tapi yang tidak kalah pentingnya adalah  praktik  dalam kehidupan berumah tangga.

Karena masyarakat kita sering berpikir perempuan itu hannya bekerja di Dapur, Rumah, Kasur dan Sumur, pikiran-pikiran seperti itu perlu menjadi tugas kita bersama termasuk para jaringan LBH APIK NTB untuk memberikan pemahaman pada masyarakat kita di NTB. 

Ketua terpilih Kampung Media Ustaz. Isnur juga dalam kata sambutannya berharap besar pada komunitas “Kampung Sakinah” di Dasan Cermin bisa menjadi contoh dan tauladan dalam menggurangi kasus KDRT dan kekerasan pada anak bagi masyarakat kita yang beragam di NTB, di akhir kata sambutan ketua Kampung Media memberikan kata yel.yel “ Katakan tidak dalam kekerasan apa pun” sesuai dengan visi, misi “Kampung Sakinah” ujar beliau. (Yar).  


Tidak ada komentar: