Sabtu, 14 Juli 2012

Dari Tanak Awu Ke Tanah Suci

 
KM.MellbaoNews.Cuaca cerah, puluhan  mobil berwarna hitam menuju asrama haji, jalan Lingkar Selatan, kelihatannya mobil calon jamaah haji dari  kecamatan Ampenan, Sekarbela dan Selaparang baru saja sampai. Jam menunjukan pukul 8.00 pagi. H. Nurdin salah seorang pembimbing  calon jamaah haji Kota Mataram sudah berdiri tegak menunggu di depan gerbang, ia pun sudah siap meyambut calon jamaah yang hendak dibimbing hari itu. Setelah jamaah semua calon jamaah berkumpul dari tiga kecamatan, mereka pun diberikan penjelasan tentang tata cara melaksanakan rukun syarat sahnya ibadah haji.

Bimbingan pertama calon jamaah diarahkan untuk thawaf menggelilinggi Ka,bah untuk praktik. Imformasi yang diperoleh Kampung Media, dari ibu Nur salah seorang calon jamaah haji asal Karang Panas, Kecamatan Ampenan, yang akan berangkat tahun ini mengatakan, “ Bimbingan saat ini bisa dikatakan yang ketiga kalinya kami dibimbingan, dan kami merasakan sekali mamfaatnya. Ketika di minta pendapatnya tentang perubahan Bandara Internasional Lombok (BIL) menjadi Embarkasi tahun ini, ia sangat bersyukur. Perubahan BIL ke Embarkasi itu membuat bayangan saya dengan tanah suci Mekah semakin dekat, di hati terangnya,” sembari meminum teh botol yang ia bawa.



Kata-kata ibu Nur disambut bagaikan dayang bersambut oleh H. Nurdin salah seorang pembimbingan jamaah haji. Perubahan BIL menjadi Embarkasi seakan menjadi angin segar bagi semua lapisan masyarakat dan jamaah haji di NTB. Sebetulnya bimbingan ini sudah merupakan tugas kami bersama dari Kanwil Depaq NTB, sehingga harapannya dengan adanya bimbingan manasik haji ini, jamaah kita diberikan gambaran yang jelas sebelum berangkat ke tanah suci Mekah, dan jamaah disini kita bombing dari bagaimana cara Thawaf, Ukuf, Sa,I dan syarat sah haji maupun yang membatalkan haji kita jelaskan semua,” Terang beliau. (Yar)

Tidak ada komentar: