Minggu, 22 Juli 2012

Musim Tanam Kedua, Petani Mulai Sibuk


KM.MellbaoNews. Bisa dibilang musim tanam sekarang ini adalah musim tanam kedua,” kata buk Imah salah seorang buruh petani yang tengah membantu tanam padi dilawan persawahan milik tetangganya.
Sawah itu kelihatan kering, sekitar tujuh petani tengah sibuk tanam benih padi yang sudah disiapkan pemilik sawah.

Padahal baru minggu kemarin panen telah dilakukan. Di sawah yang sekarang sedang ditanami itu padi lagi. Hampir sebagian petani yang berada di lahan sawah lingkungan Gatep, Kecamatan Ampenan mulai disibukan dengan rutinitas mengarap sawah.

Walaupun ada sebgaian petani lain yang belum panen, perbedaan ini terjadi karena masing-masing sawah tergantung dari lokasi irigasi dan air sawah yang ada disawah. 
Setelah panen pertama lahan sawah ditunggu sekitar satu minggu dan setelah itu lansung dibajak lagi untuk segera ditanami padi sesepat mungkin.

Dari cerita buk Imah kepada Kampung Media (KM), untuk satu tahun para petani di lingkungan saya ini sudah menjadi target mereka, karena setiap musim panen dan musim tanam saya selalu dipanggil bersama tetangga-tangga, seperti yang saat KM lihat sendiri petani sibuk semua,” ungkapnya dengan wajah berseri-seri pada KM. (Yar)  

Tidak ada komentar: