Minggu, 15 Juli 2012

Ziarah Kubur Menyambut Ramadhan

mellbao.  Kematian adalah guru yang terbaik untuk mengingatkan kita kepada Sang Pencipta, dan ziarah ke kubur menandakan ketaqwaan kita kepada-Nya serta untuk tetap menjalin silaturrahmi dengan yang meninggal.

Bulan Suci Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, segenap umat muslim mulai berkemas untuk menyambut bulan penuh berkah ini.  Salah satunya adalah dengan acara Ziarah Kubur.  Seperti yang tampak di tempat pemakaman umum lingkungan Karang panas, minggu sore kemarin.  Seorang nenek dan cucunya sibuk membersihkan salah satu kubur milik kerabatnya.  "sebenarnya saya setiap jumat ke kubur pak," kata inaq Hapsah pada km. mellbao, "kalau sekarang ini ya karena sudah kewajiban istilahnya pak, karena sebentar lagi puasa.  Jadi kita datang untuk bersih-bersih dan mendoakan sekalian maksudnya kita silaturrahmi agar mereka yang telah meninggal tahu bahwa kita ini mengingat dan mendoakan mereka juga akan mengingatkan kita bahwa kita juga akan seperti mereka." jelasnya sambil menjelaskan makna ziarah kubur baginya.  Yang jelas, ziarah kubur seperti yang dilakukan oleh inaq Hapsah dan semua umat muslim merupakan bentuk pendidikan agama yang baik, apalagi dengan membawa serta anak atau cucu.

Marhaban yaa Ramadhan, selamat datang bulan ramadhan.  Semoga semua berkah tercurah dari langit bagi  kita semua, dan ziarah kubur bisa mengingatkan kita pada kuasa-Nya dan bisa santun dalam menjalani hidup. [mellbao]   

Tidak ada komentar: