Senin, 04 Juni 2012

Kampung Wisata Alam Nursey (1)

KM. MellbaoNews: Bunga Naga, mulai memekar, Gemercik air. Udara sejuk. Sahutan burung-burung , suara ketukan kincir angin pengusir burung pemakan padi. Semua  menyatu bagaikan nyanyian alam menggiring siapa pun tengah memandangi hamparan sawah ratusan hektar di desa Bemeve, kecamatan Maluk,Kabupaten Sumbawa Besar.
Nyanyian alam ini mampu membunuh suasana kejenuhan pulau Sumbawa saat itu. Nursery dijadikan sebagai pilihan lokasi, lokasinya pun hannya satu setengah jam atau kurang 8 kilometer dari pusat  kota Maluk, Sumbawa Besar. Pengunjung bisa berkunjung ke tempat ini bisa dengan menyewa motor sendiri atau bisa dengan bersama pemandu wisata. Memang tak ada petunjuk menuju ke kawasan pemandangan alam nursery, memang menuju  perjalan ke tempat ini tak ada petunjuk khusus, namun perjalan kita akan dimudahkan ketika turun di pusat kota kecil Maluk, dan minta diantarkan ke tempat wisata alam Nursery.

Panjang jalan utama menuju ke wisata alam Nursery mungkin kurang dari 9 kilometer, tetapi berjalan kaki menuju ke wisata alam Nursery membuat kita merasa keasyikan, memandangi keasrian dan ketenangan alamnya mampu menghilangkan rasa lelah itu sendiri. Apalagi , itu dinikmati ketika pagi hari menyapa. Kegiatan masyarakat setempat, sebagian besar adalah petani, menjadi pemandangan sekaligus sarapan rohani. Jauh dari pemandangan rumah toko, serta bangunan atau pun gedung modern perkotaan. Suasana menjelang sore menjadi syahdu, apalagi gemercik air yang mengalir dari penampungan bak dipuncak taman alam Nursery ini.

Menyelusuri jalan dipematangan sawah, pengunjung seperti sudah dimudahkan dengan jalan bersih dan berukuran sedang sehingga memudahkan pegunjung berjalan kali atau naik motor merasa nayaman sambil melihat pemandangan alam sawah berdekatan wisata alam Nursery. Kordinator wisata alam Nursery Mahsus Khair mengatakan, wisata alam Nursery sudah menjadi komitmen dengan masyarakat sekitar untuk mempertahankan hamparan sawah disekitar wisata alam Nursery. Kita pun tetap berusaha untuk membenahi  taman wisata alam nursery ini  dari tahu ketahun bersama masyarakat dan pemerintah,” katanya.

Memasuki wisata alam Nursery terdapat tempat pembenihan dan  tanamanbuah-buah yang sengaja di tanam untuk mempercantik pemandangan. Pengunjung harus berjalan menaiki setengah tanjakan dan pohon-pohon hijau.  Hijau dan menyegarkan terasa.  Siang hari waktunya untuk  melakukan istirahat  duduk sambil menikmati es kelapa muda asli di pantai Maluk, sebuah pantai yamg tidak jauh dari lokasi wisata alam Nursery. Nah disitu kita bisa menikmati sepuas-puasnya makan khas maupun makan dari luar NTB.
Bersambung. Tulisan ini merupakan hasil dari kunjungan KM.Mellbao ketika berada di Pulau Sumbawa, Minggu kemarin. (KM.Mellbao).
 

Tidak ada komentar: