Kamis, 14 Juni 2012

Lumbung Padi Itu Terancam Gagal Panen


KM.MellbaoNews. Pagi sekitar jam 8.00, udara pagi masih menyapa sepoi-poi dikawasan persawahan,  letak nya tak jauh dari sebelah kampus IAIN II Mataram. Terdengar suara petani berbisik-bisik membicarakan penyakit kuning yang menyerang padi mereka.  Padi bulan kemarin mengelepam hijau sekarang warnanya sudah berubah  menjadi warna, kuning, seperti bekas kena petir, kata salah seorang petani yang tengah gobrol di tengah sawah.

Wabah penyakit kuning, jarang terjadi tapi untuk 2 tahun terakhir ini berturut-turut  petani di Lingkungan Jempong Selatan, mulai  diresahkan dengan penyakit kuning tersebut.

Minimnya Pengetahuan petani dalam mengatasi penyakit kuning itu membuat mereka hannya bisa berpasrah dan berdo,a. Padahal  berbagai upaya telah dilakukan oleh petani Jempong Selatan untuk membasmi penyakit kuning pada padi mereka yang makin menyebar ke seluruh padi mereka, 

Kami  sudah lakukan bernagai cara dengan beberapa petani tetangga saya, termasuk membeli pupuk urea, untuk pupuk ulang pada padi yang kena penyakit kuning, sehingga besar kemingkinan kita semua akan gagal panen tahun ini," kata pak Sahnan. kertika ditemui KM.Mellbao di pinggir sawahnya Sembari menunggu obrolan selesai dengan pak Sahnan, tanpa terasa jarum jam pun sudak menunjukan 10. 00 menjelang siang.(Yar).

Tidak ada komentar: