Minggu, 03 Juni 2012

mini MARKET Makin MENGGURITA

km.mellbao. Sebuah ruko dengan wajah cerah, bercat putih ceria menyilaukan mata saat siang memantulkan sinarnya dari arah ruko.  Dengan kaca yang memenuhi 90% bangunannya, ruko itu tampak makin menonjol dengan papan namanya yang besar dan mewah.  
Didalam terlihat beraneka produk kebutuhan sehari-hari yang  tampak genit menggoda, terkesan wah, fresh dan menarik.  Pemandangan seperti ini sekarang makin banyak terlihat di Kota Mataram, di Ampenan saja sudah ada 6.  Nama ruko-ruko yang cerah ceria dan genit menggoda itu dikenal dengan sebutan Mini Market, kalau di Indonesiakan kurang lebih berarti Pasar Kecil.  Sesuai dengan artinya, pasar kecil, si mini market ini menyediakan hampir semua barang yang ada di pasar, hampir, karena banyak juga yang belum tersedia.  
Namun setidaknya, kehadiran mini market yang makin banyak beredar di wilayah kota mataram jelas memanjakan warga.  Karena lokasi mini market makin dekat dengan tempat tinggal warga, jadi mereka tidak perlu jauh-jauh dan mengeluarkan biaya lebih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 
Namun, menjamurnya mini market tersebut membuat resah sebagian pedagang kecil yang menyediakan barang serupa seperti di mini market.  Sebut saja inaq Jawinah yang punya kios berukuran 4X3 di jalan Energi yang tepat berada di depan mini market.  "dagangan saya ya jelas ngak laku mas, soalnya harganya kan sama malah ada yang lebih murah.  Tapi karena mini market itu lengkap jadi orang-orang disekitar sini jadi lebih senang belanja disana." keluhnya.  "Makanya sekarang saya lebih banyak jual bensin eceran mas, karena ndak mampu untuk bersaing kalau tetap menjual dagangan seperti yang ada di mini market." jelasnya.
Terlepas dari semua kerisauan pedagang kecil yang ada disekitar mini market, setidaknya masyarakat sebagai konsumen merasa sangat terbantu dan dimudahkan."saya senang sekali dengan adanya mini market, dengan harga yang terjangkau juga barang-barang yang masih fresh dan yang terpenting, mereka dekat."kata iswandi yang tinggal tak jauh dari mini market.  Saat ditanya komentarnya tentang keluhan pedagang kecil, ia hanya tersenyum saja.
Dingin penyejuk udara menerpa saat KM.Mellbao mampir kedalam mini market, suasana sejuk dan bersahabat dari karyawannya menyambut.  Semoga kesejukan suasana di mini market ini bisa juga disebarkan kesemua pedagang kecil disekitar mereka, semoga pemerintah tahu apa yang telah dilakukannya.[datu]

Tidak ada komentar: