Sabtu, 09 Juni 2012

Perpustakaan Makin Dekat Di Hati


                               

KM.MellbaoNews. Ibu, saya mau buku Doeremon, ya nak sebentar ibu carikan dulu ya, ibu saya juga  mau membaca buku Harry Potter, kata anak berumuran 4 tahun pada ibunya.  Itulah suara anak  kecil bersama ibunya. Ketika ia sedang hendak memilih buku di mobil Perpustakaan keliling kota Mataram (Puskot). Kegiatan lokasinya di Taman Udayana setiap hari Minggu.  5 menit setelah mobil Puskot berhenti, puluhan anak-anak kecil berumur 3-6 menyerbu mobil berwarna hijau muda itu, petugas pun lansung membuka pintu belakang dan samping sambil kelihatan tergesa-gesa. Ratusan buku beragam jenis mulai memikat daya tarik semua pengunjung yang lalu lalang didekat mobil berwarna biru muda itu, terutama bagi anak-anak kecil dan dewasa.

Kegiatan yang dilakukan oleh Puskot ini sudah berjalan sejak 2007, dan rutin dilakukan 2 bulan sekali untuk di taman Udayana, dan tiap minggu di semua kota Mataram. Pak hamdi, seorang petugas perpustakaan keliling, Pemkot ketika dihubungi KM.Mellbao, mengatakan,“ kegiatan Puskot keliling ini, harapannya agar seluruh masyarakat di Kota Mataram mulai sadar akan pentingnya membaca buku mulai dari usia dini khususnya untuk anak-anak yang ada di semua kota Mataram. Disamping itu juga Puskot keliling juga melayani  pembuatan kartu anggotta untuk bagi yang berminat menjadi anggotta, dengan persyaratan, hannya  menunjukkan Kartu Tanda Pengenal (KTP) atau kartu domisili, khusus untuk kalangan dewasa, sedang anak yang masih sekolah bisa dibuat dari pihak sekolah ujarnya.”


Ya memang betul, selama ini buku bacaan yang berkeliling itu masih jarang kita bisa temukan, dan Menumbuhkan minat baca pada anak-anak memang sangat sulit, sehingga membutuhkan peran serta orang tua, tapi dengan adanya perpustakaan keliling ini anak saya merasa terbantu dan mau membaca karena buku-buku yang disediakan tetap diganti setiap kali datang. Kedepan perpustakaan keliling seperti ini semoga akan bisa bertambah Ungkap.” salah seorang pengunjung perpustakaan keliling. (Yar).

Tidak ada komentar: