Senin, 11 Juni 2012

Kian Langka Kian Berkilau


KM.MellbaoNews.Tiba-tiba kakek itu menerobos  masuk  ke kadang kambingnya,  yang terletak  tidak jauh dari rumahnya.  Suara kambing pun terdengar dari dalam  kandang, hingga dari tempat kami duduk, terdengar nyaring,  embek…… embek….embek. suara kambing itu. Kakek itu pun keluar seketika sambil membawa anak kambing yang hampir sekerat, karena kena penyakit cacingan.

Penyakit cacingan,  pendarahan ketika melahirkan (abortus), penyakit kulit, dan keracun adalah penyakit yng sering menjankit kambing yang ada disekitar Lingkungan Banjar, Ampenan. Sehingga jumlah populasi ternak kambing dari tahun ketahun semakin berkurang jumlahnya di Ampenan. Pada hal permintaan terhadap kambing terus mengalami permintaan dari masyarakat yang tertarik mengkonsumsi daging kambing, terutama, untuk dipotong pada hari-hari tertentu.

Kesulitan kami sebagai peternak kambing, sulitnya mendapatkan rumput, dan penggobatan  penyakit, terkadang kambing yang saya pelihara tiap tahunnya ada saja mati, 1-2 ekor kambing, dan jangan hern ketika harga kambing makin mahal harganya bisa mencapai 1. Juta  sampai 2 , juta untuk kambing yang baru beumur 2 tahun,:” kata Papuk Enyol, dengan raut wajah menyedihkan, sambil mengenang mengendong kambingnya yang mati di pangkuannya. (Yar)
  

Tidak ada komentar: