Rabu, 20 Juni 2012

Si Nyamuk Aedes Berulah Lagi

mellbaopost.  Nyamuk yang satu ini memang sakti, kekebalan tubuhnya patut diacungi jempol dalam menahan semua serangan yang dilakukan manusia untuk memusnahkannya.  Fogging dan pemberian Abate yang merupakan senjata pamungkas dalam mengantisipasi nyamuk penyebab demam berdarah ini tak lagi mempan, lalu kita harus bagaimana?


Dan hari ini, kamis 21 juni 2012 dua korban terkena serangan si nyamuk yang dalam bahasa latinnya bernama Aedes Aegypti ini.  Kedua korbannya alhamdulillah bisa ditangani dengan cepat karena informasi tentang nyamuk yang satu ini sudah begitu luas diketahui warga masyarakat karena kesigapan  pemerintah kota dalam memberikan informasi sejak dini.  Adalah pak Anhar 52 tahun dan Feby 28 tahun warga lingkungan karang panas kelurahan Ampenan Selatan yang terkena gigitan penyakit si nyamuk aedes.  "ini karena kondisi sungai dan got disamping rumah kami yang kotor dan banyak tumpukan sampah akibat keringnya sungai."kata Bu Tri Subekti orang tua Feby.  


Sementara pak Anhar yang kondisinya lebih parah, saat ini sedang ditangani di ruang ICU Puskesmas Tanjung Karang.  "kesadaran masyarakat saat ini sangat diperlukan untuk menekan perkembangan nyamuk demam berdarah ini." kata kepala lingkungan karang panas H.Zaini saat ditemui km. mellbao disela kunjungannya melihat pak Anhar di puskesmas. "kami akan meminta ke puskesmas tanjung karang agar melakukan fogging di wilayah kami, agar setidaknya kasus DBD ini tidak menyebar."lanjutnya, selain itu H.Zaini juga akan segera mengerahkan warganya untuk melakukan kerja bakti dan gotong royong untuk membersihkan sungai dan got yang ada di wilayahnya.


Informasi tentang nyamuk aedes biang demam berdarah ini sekarang sepertinya harus direvisi pemerintah dan dinas kesehatan, "kalau dulu setiap musim penghujan, pemerintah lewat mobil informasi berkeliling mengingatkan warga agar melakukan tindakan 5M, sekarang walaupun dalam musim kemaraupun tindakan serupa harus dilakukan."kata pak Muhammad ketua RT 01 Lingkungan Karang Panas yang kebetulan dua korban yang terkena serangan si nyamuk aedes adalah warga di RTnya.


Si nyamuk aedes memang adalah penyebab penyakit demam berdarah ini, namun itu semua juga terjadi akibat kesalahan kita sendiri yang masih senang berkotor-ria dengan membuang sampah seenaknya di got dan sungai.  Jadi? kembali kepada kita, mau sehat; jaga kebersihan.  Mau sakit n ko'it; anda sudah tahu jawabannya. [datu mellbao]

Tidak ada komentar: