Minggu, 17 Juni 2012

Toilet Mobile, Kurangi BASNO


       
KM.MellbaoNews.Kebutuhan atas toilet Mobile makin mengalami peningkatan. Dengan bertambahnya orang yang keluar dari rumah untuk melakukan aktivitas, seperti  yang terlihat pada gambar postingan  KM.Mellbao ini. Terlebih, perkembangan layanan transportasi darat, laut dan udara yang hemat dalam harga membuat orang menjadi sangat mobile. Trend terkini itu membuat masyarakat akan membutuhkan lebih banyak toilet dalam perjalanannya. Perubahan itu hendaknya dapat diantisipasi oleh Pemerintah kota Mataram. Tahun 2008 yang lalu telah dicanangkan, program 3A, (Absano, Akino, dan Adono), belakangan ini juga kita dengar dengan lagi program Buang Air Sembarangan Nol (Basno), sebuah terobosan bagi peningkatan kesehatan dasar dan kualitas masyarakat NTB, seperti pengadaan Toilet Mobile untuk umum yang terdapat di lapangan Polda NTB ini. 

Adullah menuturkan, salah seorang penguna, kebutuhan akan Toilet umum atau Toilet Mobile adalah salah satu fasilitas yang sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perlunya kebersihan. Betapa tidak, kesan pertama wisatawan datang ke suatu Negara, yakni dengan melihat bersih tidaknya toilet umum yang ada di kota ini. Sebagian besar wisatawan  pun mengeluh ketika mereka berpergian, jika toilet umum kotor dan tidak ramah lingkungan. Bahkan, wisatawan akan menghindar untuk menggunakannya dan sebagian besar orang menahan pergi ke toilet yang akhirnya menimbulkan banyak penyakit," tegasnya,  

Harapannya dengan adanya program Basno bidikan Pemerintah Provinsi Nusa tenggara Barat ini mampu menggurangi buang air besar sana sini, dan memberikan menyadarkan pada masyarakat kota Mataram tentang pentingnya hidup bersih. (Yar).

Tidak ada komentar: